kursor

monkey Cute Rocking Baby Monkey

Kamis, 29 Agustus 2013

Pengertian WEB, WEB PORTAL serta Beberapa CONTOHNYA


Web adalah sebuah penyebaran informasi melalui internet. Sebenarnya antara www (world wide web) dan web adalah sama karena kebanyakan orang menyingkat www menjadi web saja. Web merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari dunia internet. Melalui web, setiap pemakai internet bisa mengakses informasi-informasi di situs web yang tidak hanya berupa teks, tetapi juga dapat berupa gambar, suara, film, animasi, dll. Sebenarnya, web merupakan kumpulan-kumpulan dokumen yang banyak tersebar di beberapa komputer server yang berada di seluruh penjuru dunia dan trehubung menjadi satu jaringan melalui jaringan yang disebut internet.


Web Portal adalah web site yang menjadi pintu gerbang, starting point bagi pengunjung untuk memulai aktivitasnya di Internet. Web Portal yang bersifat horizontal menyediakan berbagai informasi dan layanan umum. Sedangkan portal vertical menyediakan informasi dan layanan yang spesifik untuk bidang tertentu saja, sehingga bisa bersifat personal bagi pengunjungnya.
Layanan umum yang tersedia biasanya adalah search engine, berita, pooling, berbagai macam rubrik dan fasilitas seperti SMS serta chat room. Yang bersifat personal bisa berupa personal diary dan calender, account e-mail bahkan personal web. Web Portal vertical bahkan bisa bersifat eksklusif dan hanya menampilkan informasi yang dikehendaki komunitasnya. Misalnya portal yang bersifat religius seperti scientology, namun bisa saja sebaliknya bersifat terbuka meskipun membahas hal spesifik seperti toko buku amazon.
Tujuan utama sebuah Web portal adalah membangun komunitas dengan cara mengikat pengunjung secara sukarela ke dalam berbagai layanan yang disediakannya. Apabila densitas komunitas sudah cukup tinggi, pengelola Web portal memiliki metode pendataan secara statistik sehingga mereka  dapat mengetahui profil pengunjung dan membaginya dalam berbagai kelompok. Mereka juga akan membuat prediksi berdasarkan berbagai pola kunjungan sehingga mengetahui dengan pasti layanan apa yang paling diminati.


CONTOH WEB PORTAL DALAM NEGERI




Wikipedia bahasa Indonesia (sering disingkat WBI) adalah versi bahasa Indonesia dari ensiklopedia Wikipedia sebagai ensiklopedia yang dapat disunting bebas oleh siapa saja yang terdapat dalam jaringan internet. Seperti Wikipedia dalam bahasa lainnya di dunia, Wikipedia bahasa Indonesia mengikuti peraturan-peraturan dasar Wikipedia yang bermula dari bahasa Inggris seperti penulisan artikel dengan sudut pandang netral.[1] Salah satu bidang di mana Wikipedia Indonesia mempunyai lebih banyak artikel jika dibandingkan versi bahasa lain adalah artikel-artikel wilayah administratif di Indonesia, meskipun banyak yang isinya masih merupakan rintisan saja.[1]
Artikel pertamanya adalah "Elektron", yang mulai disunting pada tanggal 30 Mei 2003,[2][3] Halaman utamanya sendiri pertama kali dibuat enam bulan kemudian pada tanggal 29 November.[4]. Pada bulan Mei 2013 WBI merupakan Wikipedia terbesar kelima di Asia Tenggara, kesepuluh di seluruh Asia, dan ke-28 dari seluruh dunia.
Dalam wikipedia bahasa Indonesia ini terdapat penyajian pilihan yakni Halaman Utama, perubahan terbaru, peristiwa terkini, halaman baru, serta halaman sembarang. Dengan adanya fitur – fitur tersebut memudahkan kita dalam pencarian alamat ataupun artikel yang dibutuhkan. Jadi temen- temen jangan ragu lagi dengan isi artikel maupun link dari wikipedia ini, karna emang isinya rel dan referensi bagus buat kalian yang butuh pengetahuan..






CONTOH WEB PORTAL LUAR NEGERI





Google mulai pada bulan Maret 1996 sebagai sebuah proyek penelitian oleh Larry Page dan Sergey Brin , Ph.D. mahasiswa di Stanford. Bekerja di Stanford Digital Library Project ( SDLP ) . Tujuannya SDLP adalah " untuk mengembangkan teknologi yang memungkinkan untuk perpustakaan digital tunggal, terpadu dan universal " dan didanai melalui National Science Foundation di antara agen-agen federal lainnya.

            Google ini memiliki sejarah yang sangat panjang, tapi disini saya tidak memfokuskan pada history google itu sendiri. Melainkan berbagi ilmu pada teman – teman semua mengenai contoh dari web portal diluar Indonesia, yakni Luar Negeri. Mendengar kata google saja saya yakin teman – teman semua sudah sangat familiar dengan nama tersebut. Yah, google memang sangat populer diberbagai kalangan. Karna kecepatannya dalam melakukan pencarian data dalam waktu yang sangat singkat. Bukan hanya itu saja google juga memiliki fasilitas atau fitur – fitur yang sangat lengkap seperti penyajian link Gambar, Maps, youtube, berita, Gmail, serta Google Drive dan masih banyak yang lain lagii..






 
PENGERTIAN E – COMERCE dan Beberapa CONTOHNYA


E-commerce adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan penjualan barang dan jasa melalui Internet. Dalam pengertian yang paling umum, hanya menciptakan situs Web yang mengiklankan dan mempromosikan produk anda dapat dianggap “e-commerce.” dalam beberapa tahun terakhir, bagaimanapun e-commerce telah menjadi jauh lebih canggih. Bisnis e-commerce sekarang menawarkan toko online yang rumit di mana pelanggan dapat mengakses ribuan produk, pemesanan, pilih metode pengiriman yang diinginkan dan membayar untuk pembelian menggunakan kartu kredit mereka.
Apa yang anda butuhkan untuk memulai toko online anda sendiri tergantung pada sejumlah faktor, seperti bagaimana anda ingin menangani transaksi dan jenis keamanan apa yang ingin anda berikan. Sebagai contoh jika anda tidak perlu menerima kartu kredit atau proses transaksi secara online yang anda butuhkan hanyalah sebuah situs Web yang mendaftarkan produk anda. Menyediakan semacam formulir pemesanan dan daftar alamat di mana pelanggan anda harus mengirimkan pembayaran mereka.
Disini saya akan memberikan contoh e-comerce yang cukup popular ditelinga kita. Mungkin juga temen- temen sering belanja atau bahkan yang menjual produce dibeberapa situs berikut ini..
 
Contoh dari web e-comerse adalah tokobagus.com dan berniaga.com. pada web ini memang khusus diperuntukkan untuk jual beli berbagai barang, mulai dari pakaian, perabotan rumah tangga, hewan peliharaan, kendaraan, dan lain – lain deh. Pokonya jangan pusing – pusing lagi ya. Kita sekarang hidup dizaman modern semua serba canggih. Jadi gunakan media yang ada untuk menghasilkan uang dan pastinya hal – hal yang baik yaa.. jangan lupa berpartisipasi yaa, kalau gak mau jadi penjual ikut andil dalam membeli juga boleh, hehhehe J

 

3 komentar: